RSS

BERBICARA EFEKTIF

15 Mar

Anda pasti ingin donk menjadi pembicara yang baik. Anda pasti juga ingin lawan bicara anda nyaman mendengarkan anda ketika berbicara dengan anda. Ingin pesan tersampaikan tanpa terjadi miskomunikasi? Ok, kali ini saya akan berbagi bagaimana cara agar pesan kita dapat disampaikan secara efektif atau biasa kita kenal dengan berbicara efektif.

Berbicara sendiri termasuk dalam komunikasi, bagaimanakah membangun komunikasi yang efektif?

Berikut jawaban versi saya . Ada 4 hal yang haru kita perhatikan untuk membangun komunikasi yang efektif, berikut 4 hal itu akan saya jelaskan secara singkat di bawah ini:

  1. Integritas personal komunikator

Sebuah pesan akan tersampaikan bilamana komunikan percaya pada komunikator.

  1. Isi pesan baik secara verbal atau non verbal

Ketika kita menggunakan bahasa verbal, usahakan anda menggunakan pilihan kata yang tepat, singkat padat dan jelas, jangan sampai anda berbicara keluar dari konteks. Dalam berkomunikasi bahasa verbal hanya 15 persen saja selebihnya adalah bahasa non verbal. nah, bahasa non verbal itu termasuk apa saja? Menurut yang saya ketahui bahasa non-verbal itu termasuk nada suara, gerakan (body language), kontak mata, ekspresi wajah. Tanpa ini komunikasi akan terasa hambar, coba deh anda berbicara hanya menggunakan kata-kata yang diucap saja, bagaimana??nyaman??tentu tidak.

Dalam berbicara efektif, Ada 5 prinsip dasar yang harus anda perhatikan yaitu:

1. Respect                                :

  • Respect merupakan sikap hormat dan sikap menghargai terhadap lawan bicara kita.
  • Kita harus memiliki sikap (attitude) menghormati dan menghargai lawan bicara kita karena pada prinsipnya manusia ingin dihargai dan dianggap penting.
  • Jika kita bahkan harus mengkritik seseorang, lakukan dengan penuh respek terhadap harga diri dan kebanggaan orang tersebut.

2. Empathy              :

  • Empati merupakan kemampuan kita untuk menempatkan diri kita pada situasi atau kondisi yang dihadapi oleh orang lain.
  • Rasa empati akan mendorong kita untuk dapat menyampaikan pesan (message) dengan cara dan sikap yang akan memudahkan penerima pesan (receiver) menerimanya.
  • Sebelum kita membangun komunikasi atau mengirimkan pesan, kita perlu mengerti dan memahami dengan empati calon penerima pesan kita.
  • Pesan kita akan dapat tersampaikan tanpa ada halangan psikologis atau penolakan dari penerima.
  • Prinsip dasar dari hukum kedua ini adalah ”perlakukan orang lain seperti Anda ingin diperlakukan.”

3. Audible                                :

  • Makna dari audible adalah dapat didengarkan atau dimengerti dengan baik
  • pastikan gaya bicara anda dapat didengar dengan baik, nah disini saya sarankan jangan menggunakan gaya bahasa anak alay (yang suaranya mirip orang kumur-kumur)

4. Clarity                   :

  • Tentukan tujuan dengan jelas
  • Organisasikan ide
  • Format bahasa yang kita pakai
  • Pesan Jelas, tepat dan meyakinkan

5. Rendah hati        :

  • Menghargai orang lain, memerlukan sikap rendah hati.
  • Tidak menganggap diri penting ketika berbicara
  • Mudah menangkap respon yg positif dari si penerima pesan

jangan anda tinggi hati dengan lawan bicara anda. Jangan melebih-lebihkan atau jangan memakai tingkatan bahasa yang tidak sesuai dengan lawan bicara anda. Kurang lebih rendah hati itu seperti ini “ ketika kita berbicara di depan professor, maka professor tersebut tidak menertawakan apa yang kita bicarakan, dan ketika kita berbicara dengan tukang becack, maka tukang becak tersebut tidak kebingungan dengan apa yang kita bicarakan.

Prinsip-prinsip dasar yang anda baca hanyalah teori-teori saja, untuk dapat berbicara efektik anda harus mencoba menerapkannya. Ibaratnya ketika kita belajar mengendarai mobil atau motor, kita pahami dan kita terapkan. Ketika prinsip-prinsip dasar tersebut anda terapkan, maka anda sudah siap/dapat berbicara secara efektif. Pesan anda dapat ditangkap oleh lawan bicara anda.

 

About these ads
 
Leave a comment

Posted by on March 15, 2012 in knowledge

 

Tags: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: