RSS

Menetapkan tujuan

13 Mar

Take time to THINK. It’s the source of power

Take time to READ. It’s the foundation of wisdom

Take time to QUIET. It’s the opportunity to seek God

Take time to DREAM. It’s the future made of

Hidup itu berawal dari mimpi, tetapi ketika mimpi itu tidak kita kejar maka mimpi tersebut hanyalah sekedar bunga tidur yang menemani dinginnya malam. Berbicara mengenai mengejar mimpi, itu berarti kita berusaha untuk menggapai suatu target atau tujuan. Lebih dari 90% orang yang berhasil menetapkan tujuan dan dapat mencapainya, tetapi hanya ada 4-5% orang yang menetapkan tujuan dalam hidupnya.

Penetapan tujuan ini penting, karena hidup ini ibaratnya adalah suatu pengembaraan yang panjang. Bayangkan ketika anda mengembara tanpa tahu kemana tujuan perjalanan anda, maka anda hanya terus berjalan kebingungan tanpa arah. Banyak sekali orang yang beraktivitas dengan luar biasa namun pada akhirnya orang tersebut sadar bahwa ia berada di ujung jalan yang salah. Ujung jalan yang bukan dia impikan. Banyak orang yang mendapatkan diri mereka mencapai kemenangan/kesuksesan yang ternyata hampa. Banyak pula orang yang masih saja berkutat dalam kebingungan dalam menentukan kemana dia akan melangkah.

Disamping itu manfaat penetapan tujuan antara lain :

1. Tujuan mempermudah proses pengambilan keputusan.

Tujuan yang telah dirancang dapat menghemat waktu kita, karena kita hanya berorientasi terhadap pada tujuan yang sudah direncanakan dan ini akan membantu kita menentukan keputusan apa yang harus diambil sesuai dengan prioritasnya.

2. Tujuan bisa digunakan sebagai tolok ukur.

Tujuan sangat diperlukan sebagai tolok ukur atau standart pencapaian segala kegiatan yang telah dilakukan seseorang. Tujuan juga dapat menciptakan kepuasan psikologis orang akibat perasaan mampu dan berguna yang muncul saat melakukan sesuatu sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.

3. Tujuan menghasilkan kegigihan.

Tujuan yang kita tetapkan akan menumbuhkan semangat dan kegigihan dalam melaksanakan setiap aktifitas dalam kehidupan. Tujuan akan senantiasa memberikan dorongan atau motivasi kita dalam berperilaku sehingga apa yang kita kerjakan menjadi terarah.

Bagaimanakan kita menetapkan tujuan? Secara umum menetapkan tujuan dapat dilakukan sebagai berikut; Target atau tujuan yang ada ingin capai haruslah spesifik dan jangan secara general, misalnya target anda adalah ingin menjadi pengusaha, “pengusaha apa”? ingin jadi orang sukses? Sukses dalam bidang apa? Ini harus kita perjelas secara spesifik misalnya target anda ingin menjadi “pengusaha krupuk”. Kita juga harus menjadi “time orientated”. Target berapa lama atau kapan anda harus mencapai target yang sudah anda tentukan juga harus diperhitungkan. Jangan sampai anda hanya membuat target tanpa merencanakan kapan target tersebut akan anda capai. Berapa lama alokasi waktu yang anda sediakan dalam melaksanakan target yang ingin anda raih.

Ada beberapa langkah yang dapat kita lakukan dalam menetapkan tujuan, antara lain:

Tetapkan tujuan untuk mendapatkan prestasi baru.
Cari informasi untuk menunjang tujuan yang ingin dicapai.
Rencanakan langkah-langkah yang akan anda lakukan.
Tuliskan rencana anda
Laksanakan, rencanakan melalui tindakan nyata.
Focus.
Nilai hasil tindakan tersebut.
semua yang sudah dituliskan diatas kurang lengkap jika hanya direncanakan dan dituliskan saja, karena jika kita hanya menetapkan tujuan tanpa berusaha untuk melakukan, maka semuanya itu hanya sia-sia. Kunci yang terakhir dalam menggapai mimpi kita adalah dengan berusaha dan berdo’a.

 
Leave a comment

Posted by on March 13, 2012 in knowledge

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: